Definisi Geografi dan Apa Pendekatannya

Definisi Geografi dan Apa Pendekatannya


Pengertian Geografi, konsep Utama Geografi Dan Prinsip Geografi

Pengertian Geografi:
  • Kata Geografi, berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang bearti 'Bumi' dan Graphein  yang bearti Tulisan/menjelaskan. jadi Geografi berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.
  • Yaitu ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, (variasai) perbedaan  keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi.
Konsep lokasi, Yaitu konsep utama yang akan digunakan untuk mengetahui fenomena geosfer, adalah:
  • Lokasi absolut; Yaitu lokasi menurut letak lintang, dan bujur yang bersifat tetap, seperti di Indonesia terletak di antara 6°LU-11°LS, dan di antara 95°BT-141°BT.
  • Lokasi relatif; Contoh: Indonesia terletak antara Benua Australia dan Benua Asia.
Pada dasarnya ada 4 Prinsip utama dalam menganalisis gejala Geosfer, yaitu:
  • Prinsip persebaran; maksdunya persebaran bentang alam di permukaan bumi tidak merata, sehingga setiap wilayah akan berbeda dengan wilayah lain. Misalnya persebaran jumlah transmigran di Indonesia tidak merata, ada suatu wilayah yang jumlahnya besar dibandingkan dengan yang lain sesuai dengan luas wilayahnya.
  • Prinsip interelasi; ialah fenomena Geosfer yang satu memiliki kaitan dengan fenomena geosfer yang lain, dan Gejala yang satu berkaitan dengan gejala yang lain. Misalnya; sebagian besar penduduk desa bermata pencarian sebagai petani karena masih adanya lahan untuk digarap.
  • Prinsip deskripsi; Berguna untuk menggambarkan fenomena geosfer memerlukan deskripsi, melalui tulisan, grafik, tabel dan gambar. Contohnya peta persebaran lempeng tektonik di dunia.
  • Prinsip korologi; Bertujuan untuk menganalisis suatu wilayah. Misalnya; Suhu udara di perkotaan lebih tinggi dari pada suhu di pedesaan. Hal ini disebabkan salah satunya ialah karena banyaknya sinar matahari yang dipantulkan oleh bangunan-bangunan tinggi yang ada di perkotaan.
Pendekatan  Geografi;
  • Pendekatan Regional (kompleks wilayah); Yaitu membandingkan berbagai kawasan di muka bumi dengan memperhatikan aspek-aspek keruangan, dan lingkungan dari masing-masing wilayah secara komprehensif. Contohnyawilayah kutub tentu sangat berbeda karakteristik wilayahnya dengan wilayah khatulistiwa
  • Pendekatan Spasial (Keruangan); Pendekatan ini merupakan studi tentang keragaman ruang muka bumi dengan menelaah masing-masing aspek-aspek keruangannya. Pendekatan ini meliputi kondisi alam, faktor lokasi, dan kondisi sosial budaya masyarakatnya.

    Salah satu contoh pendekatan ini adalah sebidang tanah yang harganya mahal karena tanahnya subur, dan lokasinya yang strategis. Pada contoh tersebut, pendekatan yang pertama adalah menilai tanah berdasarkan produktivitas pertanian, dan yang kedua menilai tanah berdasarkan nilai ruangnya yaitu mengenai lokasi (letak yang strategis).
  • Pendekatan Ekologi (Lingkungan); Pendekatan ini melakukan/ menganalisa dengan melihat perubahan komponen biotik, dan abiotik dalam keseimbangan ekosistem suatu wilayah. Contohnya; suatu wilayah padang rumput yang ditinggalkan oleh kawanan hewan (pemakan rumput) akan menyebabkan terjadinya perubahan lahan, dan kompetisi penghuninya.
Pendekatan geografi dapat diartikan sebagai suatu metode atau cara untuk memahami  berbagai gejala dan fenomena geosfer, khususnya pendekatan antara manusia terhadap lingkungan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Geografi dan Apa Pendekatannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid