https://www.videosprofitnetwork.com/watch.xml?key=6f9f176f0f3a756bc35db1cc74eabf2a

Definisi Manajemen Lingkungan dan Manfaatnya

Definisi Manajemen Lingkungan dan Manfaatnya



Manajemen Lingkungan ialah manajemen  yaang mengolola organisasi berdasarkan pada lingkungan-lingkungan, seperti dibawah ini:
  • Lingkungan internal organisasi;  meliputi pimpinan organisasi, alat-alat dan metode pengelolaan organisasi, strategi perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan organisasi.
  • Lingkungan eksternal organisasi; yaitu lingkungan masyarakat, lingkungan kerja sama antarorganisasi, lingkungan lintas pimpinan organisasi.
Lembaga pendidikan perlu mempertimbangkan lingkungan organisasi secara internal maupun eksternal karena menyangkut hubungan sinergis antarpersonal organisasi dan dengan kondisi lingkungan eksternalnya.

Sistem manajemen lingkungan ialah program yang harus dijalankan oleh sebuah perusahaan atau setiap pemilik usaha dalam bidang apapun sebagai upaya penjaminannya, supaya usaha yang dijalankan tidak menimbulkan potensi merusak bagi lingkungan dan melakukan sistem operasional dengan standar ramah lingkungan.

Sistem manajemen lingkungan yang dibuat sebuah perusahaan harus berdasarkan standar resmi internasional. Sistem ini wajib dipatuhi oleh semua perusahaan atau bidang usaha diseluruh dunia, dan bagi mereka yang melanggar peraturan tersebut akan mendapatkan sanksi dari pihak yang berwajib.

Sistem manajemen lingkungan ini merupakan sistem manajemen yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan yang terkait atau berpotensi mendatangkan dampak bagi lingkungan di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Perusahaan yang menjalankan sistem manajemen lingkungan yang baik, akan berdampak lebih baik sebuah perusahaan dalam meningkatkan berkembangan mutunya, dan berpotensi membina hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat sekitarnya.

Manfaat dalam penerapan sistem manajemen lingkungan, ialah:
  • Potensi berkurangnya kecelakaan kerja, baik bagi pegawai perusahan dan pihak-pihak lain di dalam perusahaan, maupun bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah usaha tersebut. 
  • Penerapan sistem kerja berbasis lingkungan akan berdampak baik, seperti menunjukkan penghematan pada biaya listrik atau air, dan sumber-sumber energy untuk beroperasi sebuah perusahaan. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Definisi Manajemen Lingkungan dan Manfaatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ataspmbid